Setelah Lulus Mau Usaha Apa?

Jumlah penduduk di negeri ini semakin meningkat setiap harinya. Dan jumlah lulusan sarjana dari perguruan tinggi maupun sekolah menengah tak sedikit jumlahnya. Namun, hal ini tidak diikuti dengan tersedianya kuota lapangan pekerjaan yang memadai untuk para lulusan sarjana maupun lulusan sekolah menengah tersebut. Lalu apa yang terjadi? Merebaknya pengangguran di lingkungan masyarakat, maraknya aksi kriminalitas dan juga luwesnya aktifitas terlarang, seperti jual beli narkoba dilingkungan masyarakat yang sudah sering kali terjadi.

Para lulusan  pun menjadi bagian dari masalah yang hanya  menambah beban pemerintah ini. Bukan memberikan solusi kepada pemerintah, namun selalu saja menyalahkan pemerintah. Siklus sosial kebanyakan orang dinegeri ini yaitu sekolah, kuliah, lalu mencari pekerjaan. Itu-itu saja yang ada dipikiran kita, dan pada lingkungan kita selama ini. Seakan-akan uang itu hanya didapatkan dari bekerja padahal masih ada cara lain untuk mendapatkan uang untuk bisa memenuhi kebutuhan, dan menumbuhkan kebutuhan ekonomi dimasyarakat.

Mencari pekerjaan itu tidak mudah dan sudah pasti  banyak pesaing diluar sana, Karena Jumlah penerima lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sebanding dengan banyaknya jumlah pencari kerja. Dikarenakan angka pengusaha dinegeri ini lebih sedikit dibandingkan dengan negara tetangga maupun negara-negara maju didunia. Majunya sebuah negara bukan dinilai dari pembangunan saja, namun dinilai dari angka pendapatan dan juga besarnya jumlah pengusaha yang dapat membuka peluang kerja untuk masyarakat, supaya mendapati kehidupan yang lebih baik.

Berbeda dengan membangun sebuah usaha. Anda hanya cukup mempunyai kemauan dan kerja keras. Tidak perlu berbagai syarat dan prosedur yang membuat anda semakin berfikir negatif dan terhambat. Anda hanya membutuhkan keberanian untuk memulai sebuah bisnis yang sesuai dengan minat dan Passion, maka anda sudah bisa membangun sebuah usaha.

Baca Juga:  Ini dia Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Hal  pertama kali yang harus anda lakukan untuk mencari pekerjaan adalah mencari informasi lowongan pekerjaan, baik itu dari media atau-pun link dari teman yang anda kenal. Lalu anda akan mencatat perusahaan apa saja yang membuka lowongan pekerjaan yang telah anda dapat informasinya, karyawan di bidang apa yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut dan apa saja syarat yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Nah, tentu tidak mudah bukan? Anda akan bersaing dengan ribuan pelamar lain yang membutuhkan bahkan mendambakan perkerjaan tersebut dan mungkin mereka mempunyai persiapan yang matang dan kualitas yang lebih baik dari pada anda.

Lain halnya dengan merintis sebuah usaha. Yang Anda butuhkan hanya kemauan dan tidak membutuhkan pengalaman. Anda hanya cukup merintisnya dengan dimulai dari lingkungan sekitar saja, maka anda sudah bisa merintis sebuah peluang usaha. Contohnya, anda bisa mencari sebuah produk hasil produksi tetangga anda, lalu tinggal mencarikan konsumen untuk produk tersebut, maka anda bisa menjualkan barang milik orang lain, dengan harga yang sedikit anda naikkan untuk mengambil keuntungan.

Jika anda tidak mempunyai sesuatu yang bisa untuk anda jual, anda juga bisa menjual jasa kepada siapapun yang membutuhkan jasa anda. Anda sudah bisa memulai sebuah usaha dan ketika anda ingin mencari pekerjaan anda harus mempunyai ijazah dengan nilai yang baik. Bagaimana  anda supaya mendapatkan nilai yang baik? Ya pastinya anda harus belajar dengan sungguh- sungguh untuk mendapatkan nilai itu.

Anda harus mempunyai ijazah dan pengalaman yang memadai untuk bisa diterima di suatu perusahaan. Nilai anda harus baik, pengalaman anda di organisasi maupun lingkungan juga harus baik. Dan  anda harus melewati serangkaian tes untuk dapat diterima bekerja pada suatu perusahaan swasta maupun negeri yang anda tuju. Dan juga anda akan melewati tahapan seleksi dan prosedur yang amat rumit dengan penuh aturan-aturan yang membuat anda semakin pusing untuk menjalaninya.

Baca Juga:  Bisnis yang Paling Laku di Pasar Online

Kalau anda mau mencari uang anda pasti bertanya, “Dari mana saya mendapatkan pengetahuan dan ilmu untuk saya gunakan membangun sebuah usaha?” Simple, anda hanya perlu belajar kepada mereka yang sudah berpengalaman dan mereka yang telah sukses menjalankan usaha yang pernah dia rintis. Anda hanya perlu belajar bagaimana kah cara mereka memulai, bagaimana mereka memantaskan usahanya supaya lebih maju dan akhirnya usaha mereka sukses lalu dapat berguna bagi orang lain.

Karena kunci sukses hanya satu, yaitu berguna bagi orang lain. Belajarlah bagaimana mereka hidup. Dengarkan nasehat-nasehat yang telah mereka berikan dan saran-saran apa saja yang telah mereka bagi, dan tak ada salahnya untuk meniru tips-tips dari mereka. Ambil ilmu yang memang anda perlukan, dan simpan yang kurang anda perlukan, barang kali kelak anda membutuhkan ilmu tersebut di kemudian hari.

Begitulah perbandingan antara bagaimana membangun sebuah usaha dan bagaimana mencari suatu pekerjaan. Keduanya mempunyai persamaan, yaitu, sama-sama membutuhkan suatu perjalanan panjang yang dinamakan “proses”. Mencari pekerjaan juga membutuhkan “proses” dan bagi passionnya didunia usaha juga membutuhkan perjalanan yang sama yang biasa disebut “proses” hingga mencapai keberhasilan yang dinamakan “sukses”.

Sekarang anda tinggal memilih jalur yang  mana dan terbaik untuk anda. Anda memilih untuk mencari pekerjaan itu baik, memilih jalur didunia usaha juga baik. Niat mulia anda untuk membanggakan orang tua memang perlu diapresiasi. Namun, anda juga harus menyadari bahwa IPK dengan nilai yang sempurna saja tidak cukup untuk membuat anda bertahan ketika anda memasuki ranah dunia kerja.

Dunia kerja membutuhkan pengalaman dan keahlian lainnya. Dan saat ini  seharusnya anda sudah menemukan passion anda ketika duduk di bangku sekolah maupun kuliah. Alangkah baiknya sejak dini sudah menyusun rencana kedepan supaya tertata dan tidak bingung harus memikirkan “ mau apa setelah saya lulus sekolah?” “kemana saya setelah lulus kuliah?” Dan sekarang anda harus memilih pada dua pilihan. Menambah beban pemerintah kah atau anda membantu memberikan solusi  kepada pemerintah untuk memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat  supaya merubah taraf kehidupan yang lebih baik melalui dunia wirausaha.

Baca Juga:  Bisnis yang Paling Laku di Pasar Online