Ini dia Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Ilustrasi via pixabay.com

Di kehidupan yang keras seperti sekarangini, hampir semua orang dituntut untuk memutar otak sekian derajat agar bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai. Baik itu produk berbentuk barang maupun jasa. Apalagi saat ini lapangan pekerjaan perlahan mulai sulit kita temukan.

Menjadi wirausaha mandiri mungkin dapat menjadi jalur altrenatif. Dan untuk melakukan bisnis bisa dimulai sejak menginjak masa Mahasiswa seperti sekarang ini.

Kita tahu, sebagai seorang Mahasiswa membutuhkan biaya yang cukup besar, baik itu membayar biaya kuliah, kebutuhan kos disetiap bulan dan masih banyak biaya hidup lainnya yang harus tercukupi.

Supaya kita lebih mudah dan memahami bisnis yang akan  dijalani, kita wajib tahu usaha apa yg cocok untuk kita sebagai mahasiswa. Kita harus benar-banar menganalisa terkait bisnis yang akan kita jalani kedepannya. Ada beberapa bisnis yang sangat  cocok untuk anda, yang notabenya sebagai Mahasiswa.

Menjual Barang Bekas dan Antik

Menjual barang antik mungkin bisa menjadi pilihan, karna pasar barang-barang antik saat ini banyak diburu oleh para kolektor Pecinta barang  antik yang jumlahnya terbatas dan sulit untuk dicari, contonya seperti kaset tape bekas, kamera bekas antik dan masih banyak barang lainya maka dari itu peluang pada bisnis tersebut cukup besar.

Anda hanya mencarinya di pasar barang bekas yang terdapat di kota anda dengan harga miring dan anda dapat menjualnya dimedia sosial seperti Facebook maupun Instagram untuk segi peminatnya pun cukup besar, hal tersebut terjadi oleh sebab produk yang di tawarkan tidak seperti produk kebanyakan dipasaran yang ketersediaannya melimpah dan dapat di produksi kembali. Sedangkan untuk barang antik berbeda, ketersediannya umumnya sangat langka di pasaran sehingga untuk harga dan peluangnya pun sangat tinggi.

Baca Juga:  Bisnis yang Paling Laku di Pasar Online

Jasa Fotografi

Siapa yang tidak pernah melakukan foto saat ini semua orang bisa melakukan aktifitas fotografi dan semua kalangan pun menyukai kegiatan yang satu ini. Baik itu berfoto sendirian maupun berfoto untuk dokumentasi bersama keluarga ataupun dengan teman anda.

Apalagi jika ada acara khusus yang mengharuskan ada sesi foto untuk memeriahkan acara tersebut. Hal ini dapat menjadi sarana altrenatif pilihan bisnis Anda, jika anda tidak mempunyai kamera sendiri anda tidak perlu khawatir anda bisa menyewa di banyak jasa sewa kamera dikota anda, bila perlu anda bisa meminjamnya dari teman atau keluarga anda.

Dan jika sudah punya  modal  dari hasil usaha anda pasti anda bisa membeli kamera yang anda inginkan jadi jangan takut untuk memulai. Fotografi merupakan salah satu bisnis sampingan  Mahasiswa yang cukup menjanjikan jika dikembangkan karna dewasa ini semua orang membutuhkan jasa dokumentasi seperti pernikahan, acara kelulusan wisuda ataupun jasa foto model produk.

Menjual  Produk Makanan Ringan

Semua orang pasti sangat menyukai dengan yang namanya kuliner makanan. Mereka akan membayar harga berapa pun hanya untuk mencicipi makanan yang baru unik ataupun menarik dan pastinya dengan harga yang pas dikantong.

Tidak memerlukan modal besar untuk menjalani usaha ini. Caranya,  anda hanya membeli makanan ringan di toko grosir dengan harga lebih murah lalu anda tinggal memberi kemasan  dan merek sendiri,  anda sudah bisa mempunyai sebuah produk makanan sediri, sangat mudah bukan? dan yang terkahir anda  bisa mempromosikannya di media sosial ataupun dilingkungan sekitar kampus.

Jasa Les Private

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis dapat mencoba bisnis jasa les private, karna bisnis ini tidak memerlukan modal. Terutama bagi anda mahasiswa baru atau yang ingin menambah peluang usaha tentu masih memiliki ilmu yang pernah di ajarkan pada saat masih sekolah, alangkah baiknya Ilmu tersebut dapat Anda salurkan melalui jasa les private.

Selain pahala yang didapat, Anda juga kan mendapatkan komisi yang lumayan.Pekerjaan jasa les private tidak sulit. Anda hanya perlu mendatangi orang yang ingin menggunakan jasa Anda.

Baca Juga:  Setelah Lulus Mau Usaha Apa?

Menjadi Youtuber

Usaha untuk menjadi seorang youtuber sudah ramai beberapa tahun belakangan ini. Dan telah banyak orang yang menjalani bisnis ini, dan juga sudah banyak orang yang terkenal dan sukses menjadi seorang youtuber, serta banyak merasakan manisnya bisnis dari kegiatan  ini. Mungkin anda bertanya-tanya, darimana penghsilan atau komisi yang didpatkan.

Jika kita mengapload sebuah video di youtube serta mempunyai chanel yang banyak subscribernya. Penghasilan yang didapat dari menjadi seorang youtuber yaitu berasal dari iklan yang tayang di video yang telah dishare oleh youtuber tersebut  sehingga  menjadi pendapatan untuk youtuber tersebut, bisnis seperti ini lumayan jika ditekuni. Penghasilannya pun lumayan besar dan peluang bisnis ini cukup menjanjikan menjadikan dan sudah menjadi mata pencaharian utama bagi sebagian orang.

Menjual Pakaian Bekas Branded

Bisnis jualan pakaian  bekas branded merupakan bisnis sampingan yang memerlukan modal kecil. Bisnis ini memerlukan kecermatan membaca peluang pasar. Karena barang yang dijual merupakan pakaian bekas yang biasanya disepelekan oleh banyak orang, namun dibalik semua itu ada peluang besar untuk menajajaki pasar tersebut kepada orang yang membutuhkannya.

Seperti membeli di pasar pakaian bekas bermerek luar negri, kemudian dijual kembali kepada teman kampus ataupun melalui media sosial, sehingga dapat membantu para kolektor pakaian branded. Semakin cermat membaca peluang tersebut maka semakin cepat anda mendapatkan hasil dari usaha dibidang tersebut.

Jasa Ojek Online

Sudah pasti kebanyakan Mahasiswa jaman sekarang banyak yang membawa alat transportasi berupa sepeda motor untuk digunakan ketika akan berangkat dan pulang dari kuliah. Banyaknya waktu luang yang dimiliki, membuat banyak Mahasiswa tidak mempunyai aktifitas lain setelah seusai jam kuliah berakhir.

Baca Juga:  Bisnis yang Paling Laku di Pasar Online

Hal ini merupakan kesempatan bagus untuk Anda yang ingin beraktivitas diwaktu luang dengan cara memanfaatkan sepeda motor untuk menjadi driver ojek online.Ojek online sangat populer 3 tahun belakangan ini diindonesia karna dapat memudahkan masyarakat ketika membutuhkan alat transportasi, bisnis ini cocok bagi anda untuk mengisi waktu luang.